Senin, 31 Oktober 2016

Mengintegarasikan TIK pada mata pelajaran Matematika



Perbedaan Pembelajaran yang Mengintegrasikan TIK dan yang Tidak Mengintegrasikan TIK
Kelas                           : IV ( empat )
Materi Pelajaran          : Matematika
Tema                           : Berbagai Pekerjaan
Subtema 1                   : 1 ( Jenis-jenis Pekerjaan )
Pembelajaran               : 2
Kompetensi Dasar       : 3.9 Menjelaskan dan Menentukan keliling dan luas daerah persegi,
persegi panjang dan segi tiga.
4.9 Menyelesaikan masalah berkaitan dengan keliling dan luas daerah persegi, persegi panjang, dan segi tiga.
Topik                                       : Keliling dan Luas Bangun Datar

No
Kegiatan Inti A
Kegiatan Inti B
1.
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
2.
Siswa mengamati ubin yang sudah diberi tanda oleh guru
Siswa mengamati ubin yang sudah diberi tanda oleh guru
3.
Siswa bertanya jawab mengenai ubin yang sudah ditandai, meliputi keliling dan luas ubin
Siswa bertanya jawab mengenai ubin yang sudah ditandai, meliputi keliling dan luas ubin
4.
Siswa mendiskusikan dalam kelompok tentang keliling dan luas dari ubin tersebut
Siswa mendiskusikan dalam kelompok tentang keliling dan luas dari ubin tersebut
5.
Siswa menyusun laporan di kertas folio tentang  keliling dan luas ubin disertai gambarnya
Siswa menyusun laporan tentang  keliling dan luas ubin disertai gambarnya menggunakan aplikasi Ms. Power Point
6.
Salah satu siswa perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi, Siswa lain menanggapi dan memberikan masukan
Siswa mengirim tugas tersebut ke mailing list, dan siswa lain memberi umpan balik melalui mailing list juga.
7.
Siswa menempelkan hasil karya di papan yang sudah ditentukan
Siswa mencetak hasil diskusi yang telah dilaksanakan
8.
Siswa mengumpulkan hasil laporan yang sudah ditulis di kertas folio kepada guru
Siswa menempel dalam bentuk cetakan (hardfile) dari hasil diskusi


Siswa mengumpulkankan hasil laporan yang sudah dikerjakan dengan aplikasi Ms. Power Point ke e-mail pribadi guru

Langkah – langkah :
1. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok yang terdiri atas 4-5 siswa tiap kelompok
2. Siswa mengamati Ubin kelas yang sudah diberi tanda oleh guru
3. Siswa bertanya jawab mengenai ubin yang sudah ditandai meliputi keliling dan luas ubin
·      Mendengarkan jawaban siswa
·      Memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk menjawab.
·      Pemerataan siswa dalam menjawab (tidak di dominasi oleh salah satu siswa saja).
·      Memperhatikan siswa lain yang tidak berani memberikan jawaban.
·      Mendorong  keberanian  siswa dalam menjawab dan sikap siswa dalam memberikan klarifikasi  tentang benar dan tidaknya jawaban.
4. Siswa secara berkelompok mendiskusikan pertanyaan yang diberikan oleh guru maupun pertanyaan dari temannya.
5. Siswa mengidentifikasi mengenai rumus keliling dan luas dari bangun datar yang dibentuk oleh ubin yang sudah ditandai oleh guru
6. Siswa mencoba menyusun laporan dalam bentuk penjabaran mengenai keliling dan luas serta gambar dari bangun datar yang dibentuk oleh ubin tersebut
7. Siswa mengemukakan hasil laporan yang telah didiskusikan secara kelompok mengenai keliling dan luas suatu bangun datar

Topik
Tujuan
Aktifitas Pembelajaran dan TIK yang Digunakan
Keliling  dan Luas Bangun Datar
Siswa dapat :
- Siswa dapat menemukan rumus keliling dan luas bangun datar menggunakan benda konkrit
 - Siswa dapat menyelesaikan masalah tentang keliling dan luas persegi dengan benar
- Siswa dapat menggambar bangun datar dengan benar
- siswa dapat mengaplikasikan di kehidupan sehari-hari
 
Ø Siswa Mengamati ubin di dalam kelas yang sudah ditandai oleh guru
Ø Siswa berdiskusi dengan kelompok untuk menemukan rumus keliling dan luas dari bangun datar yang terbentuk dari ubin tersebut
Ø  Setiap kelompok menuliskan laporan menggunakan aplikasi misalkan Ms. Power Point
Ø Setiap kelompok mengumpulkan hasil laporan melalui mailing list
Ø Kelompok lain memberi umpan balik melalui mailing list
Ø Setiap kelompok  mencetak hasil diskusi di mailing list
Ø Hasil cetakan atau hard file ditempelkan di papan yang ditentukan
Ø Setiap kelompok mengirim soft file tugas ke e-mail pribadinya guru.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar